Pembahasan Mengenai Jurnal Cloud Computing, Grid Computing dan Virtualisasi

 

Judul Jurnal : Cloud Computing- SPI Framework, Deployment Models, Challenges

Link Jurnal : http://www.ijetae.com/files/ICADET14/IJETAE_ICADET_14_04.pdf

 

Pengertian Cloud Computing

 

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service),  sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”)  tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya.

 

Pengertian Grid Computing

 

Grid computing adalah penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar.

 

Pengertian Virtualisasi          

 

Virtualisasi / Virtualization adalah sebuah teknik atau cara untuk membuat sesuatu dalam bentuk virtual, tidak seperti kenyataan yang ada. Virtualisasi juga digunakan untuk mengemulasikan perangkat fisik komputer, dengan cara membuatnya seolah-olah perangkat tersebut tidak ada (disembunyikan) atau bahkan menciptakan perangkat yang tidak ada menjadi ada.

 

Analisa Jurnal :

Cloud Computing di dalam jurnal ini memasukan metode grid computing dan virtualisasi sehingga dapat disimpulkan bahwa kedepannya cloud computing yang mengunakan metode – metode ini akan terus berkembang , yang dimana kesempatan ini bisa di manfaatkan oleh para developer. Serta bagaimanapun alasanya Jaringan Cloud Computing harus memfokuskan ke sekala horizontal dari resource virtual yang ada di banding dengan performa pada single node.

Refrensi

 

[1] A Break in the Clouds: Towards a Cloud Definition, Jan 2009

[2] Nariman Mirzaei: Cloud Computing, 2008

[3] Ian Foster. What is the grid? – a three point checklist. GRIDtoday, (6), July 2002. Available at http://www.gridtoday.com/02/0722/100136.html. [4] E. Hand. Head in the clouds. Nature, (449):963, Oct 2007. [5] Rajkumar Buyya, Chee Shin Yeo, and Srikumar Venugopal. Market-oriented cloud computing: Vision, hype, and reality for delivering it services as computing utilities. CoRR, (abs/0808.3558), 2008.

[6] The National Institute of Standards and Technology (NIST) Reference Architecture describes an overall framework for use in cloud computing for the U.S. Federal Government.

[7] Amazon simple storage service. Web Page  http://www.amazon.com/gp/browse.html?node=16427261.

[8] Amazon Elastic Compute Cloud (EC2): http://www.amazon.com/gp/browse.html? node=201590011, accessed Dec 2008.

[9] Google app engine web site. Web Resource, Sept 2008

[10] Salesforce, http://www.salesforce.com/

[11] Mladen A. Vouk. Cloud Computing- Issues,Research and Implementations, in Jornal of Computing and Information Technology 2008

[12] Jeremy Geelan. Twenty one experts define cloud computing. Virtualization, August 2008. Electronic Magazine, article available at http://virtualization.sys-con.com/node/612375

[13] An Introduction to Virtualization, http://www.kernelthread.com/publications/virtualization/

[14] E-book. Implementing and Developing Cloud Computing Applications: DAVID E.Y. SARNA

[15] Future Generation Computer Systems: Addressing cloud computing security issues

[16] Introduction to Cloud Computing :White Paper

[17] Cloud Computing – A Classification, Business Models, and Research Directions

[18] A View of Cloud Computing  Clearing the clouds away from the true potential and obstacles posed by this computing capability, Communications of the ACM

[19] Boss G, Malladi P, Quan S, Legregni L, Hall H (2007) Cloud computing. Technical Report, IBM high performance on demand solutions, 2007- 0-08, Version  .0

Leave a comment